Jumat, 20 Juli 2012

Menikmati Kesegaran Air Terjun Sri Gethuk

Air Terjun Sri Gethuk, air terjun yang mengalir dari Sungai Oya ini memang menjadi destinasi baru di Gunungkidul. Tepatnya berada di Dusun Menggoran Desa Bleberan, Kecamatan Playen, Gunungkidul, Yogyakarta.

Air Terjun Sri Gethuk
Air Terjun Sri Gethuk

Menurut sejarah, air terjun tersebut merupakan tempat penyimpanan kethuk yang merupakan salah satu instrumen gamelan milik Jin Anggo Meduro. Konon, pada saat-saat tertentu masyarakat Desa Menggoran masih sering mendengar suara gamelan mengalun dari arah air terjun.

Untuk menikmati panorama Air Terjun Sri Gethuk memang tidak mudah, dari perjalanan menuju Desa Menggoran, pengunjung akan menemui deretan hutan kayu putih milik Perhutani.

Sesampainya di Desa Menggoran, tanaman kayu putih akan berganti dengan pohon-pohon jati yang sangat rapat hingga memasuki kawasan pemancingan.

Sungai Menuju Air Terjun Sri Gethuk
Sungai Menuju Air Terjun Sri Gethuk

Di area pemancingan yang juga berfungsi sebagai parkir kendaraan, pengunjung dapat memilih dua alternatif jalan menuju lokasi air terjun. Untuk tiket masuk, hanya dikenakan tariff sebesar Rp 3.000 per orang.

Pilihan pertama yaitu menyusuri jalan setapak di pematang sawah. Meski pengunjung akan direpotkan dengan jalanan pematang sawah yang sedikit berlumpur, namun akan dikalahkan dengan pemandangan hijau dari deretan pohon kelapa dan padi yang menguning saat panen tiba.

Setelah melewati beberapa petakan sawah, jalur bebatuan dengan posisi menanjak dan menurun akan ditemui hingga lokasi dekat bibir air terjun.

Rambu Penunjuk Arah Menuju Air Terjun Sri Gethuk

Untuk pilihan kedua, pengunjung bisa menyewa rakit kecil sebesar Rp 5.000 per orang yang disewakan oleh masyarakat setempat. Petualangan menaiki rakit mini tersebut merupakan pengalaman yang menguji adrenalin. Pasalnya, meski dikemudikan oleh sang ahli, pengunjung akan merasakan bagaimana serunya naik rakit dengan melawan arus Sungai Oya.

Namun, walaupun melawan arus sungai, pemandangan berupa tebing-tebing karst akan menjadi sajian yang mempesona sepanjang perjalanan selama beberapa menit.

Ketika suara gemuruh telah terdengar, sampailah pengunjung di lokasi Air Terjun Sri Gethuk. Bebatuan indah yang membentuk undakan-undakan, berpadu cantik dengan jernihnya air yang dan hijaunya pemandangan.

Jangan ragu untuk menikmati segarnya air yang memercik karena hempasan angin, bertambah nyaman dengan riak-riak air yang bermanja di sela-sela kaki. Sungguh menyegarkan!

Sumber : Media Indonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar