Rabu, 28 November 2012

Eksotisme Wisata Bahari Pulau Tidung

Kepulauan Seribu juga memiliki keindahan bawah air sehingga menjadi salah satu tujuan terfavorit versi majalah National Geoghraphic tahun 2009 lalu. Salah satunya di Pulau Tidung yang dapat menjadi salah satu alternatif tujuan pantai selain Ancol.

Wisata Bahari dipulau Tidung
Wisata Bahari dipulau Tidung
foto : forum.kompas.com

Pulau Tidung memiliki hamparan pasir putih yang membuat pantainya menjadi cantik. Air laut kebiruan nan jernih memungkinkan wisatawan melihat lebih jauh ke dasar air kaya ikan-ikan cantik dan terumbu karang.

Pulau Tidung sebenarnya terdiri dari dua pulau, Pulau Tidung Besar dan Pulau Tidung Kecil.

Pulau Tidung Besar adalah salah satu pulau terbesar di antara pulau-pulau di kepulauan seribu, sedangkan Pulau Tidung Kecil tidak berpenghuni.

Untuk mencapai Pulau Tidung tidaklah lama. Hanya 2-3 jam menggunakan kapal dari Muara Angke, Jakarta.

Jadwal kapal menuju Pulau Tidung sekitar pukul 06.30 WIB. Jangan sampai terlambat agar Anda tidak ditinggal, apalagi perjalanan melalui air membuat Anda dimanja pemandangan laut nan indah.
 


Cara lain menuju Tidung adalah dengan memakai kapal boat predator dari Pantai Marina Ancol, hanya memakan waktu 1-2 jam.

Jembatan Cinta

Pulau Tidung Besar dan Pulau Tidung Kecil dihubungkan oleh jembatan yang menjadi ciri khas pulau ini.

Jembatan yang dikenal dengan nama Jembatan Cinta ini menjadi salah satu tempat yang biasa dikunjungi wisatawan.


Jembatan Cinta Pulau Tidung
Jembatan Cinta Pulau Tidung
foto : myindonesia.us

Panjang jembatan ini kira-kira 800 meter. Dari jembatan kayu ini, wisatawan dapat melihat pemandangan di dalam air laut seperti terumbu karang dan ikan-ikan yang lincah berenang pada sisi-sisi jembatan.

Pengunjung bisa berjalan-jalan sekaligus menikmati birunya air laut.  Terumbu Karang warna–warni dan ikan yang imut-imut, ditambah Sunset dan Sunrise, membuat Pulau Tidung semakin menawan.

Tidak itu saja, penggunjung juga bisa lompat dari jembatan berketinggian kurang lebih 6 meter. Nama lompat melompat ini adalah Lompat Tidung.

Saat pagi atau sore hari, jembatan ini menjadi tempat memadu asmara tatkala Matahari terbit atau terbenam.

Anda juga dapat menguji keberanian dengan melompat ke dalam laut dari Jembatan Cinta bertinggi sekitar 10 meter. Inilah aktivitas yang biasa dilakukan pengunjung Pulau Tidung.

Kegiatan lain yang dapat dilakukan di Pulau Tidung adalah bersepeda mengelilingi pulau, pantai atau menyusuri Jembatan Cinta.

Rumah-rumah sederhana milik penduduk dengan tanaman di depan rumah mereka, tumbuhan rimbun di sisi jalan dan pohon kelapa di sekitar pantai, menawarkan satu atmosfer sama sekali berbeda dari suasana kota.   Ini adalah aktivitas menyenangkan, sekaligus membugarkan tubuh yang letih.

Menginap di rumah penduduk

Snorkeling juga bisa dilakukan di pantai Tidung. Airnya yang jernih membuat Anda dapat menikmati keindahakan aneka makhluk hidup di bawahnya yang berserat terumbu karang.

Masih ada yang lain, yaitu banana boat dan kano.  Ini adalah permainan air yang dapat dicoba di sekitar pantai Pulau Tidung.

Berenang di dekat pantai dengan anak-anak akan membuat anak-anak menikmati rekreasinya. Pantai yang dangkal dan airnya bersih layak menjadi tempat main anak.

Jika Anda memutuskan menginap di pulau ini, jangan lupa melewatkan malam untuk BBQ di depan penginapan atau pinggir pantai.

Menikmati ikan bakar dan makanan laut lainnya sambil ditiup udara malam pantai yang sejuk dan debur ombak pasti akan membuat selera makan bertambah.

Tempat penginapan di pulau ini bukanlah resor atau hotel mewah, melainkan homestay, yaitu rumah-rumah penduduk yang disewakan kepada wisatawan yang ingin menikmati pulau ini.

Anda tinggal memilih, kamar ber-AC atau tanpa AC. Walau tidak semewah hotel atau resor, penginapan di Pulau Tidung bersih.  Dan pastinya, harga tidak memberatkan kantong.



Sumber : Antara

Tidak ada komentar:

Posting Komentar