Rabu, 19 September 2012

Indonesia Punya 3 Patung Buddha Tidur Raksasa

Patung Buddha dalam posisi tidur adalah yang paling banyak diincar wisatawan. Patung ini menggambarkan Buddha telah mencapai nirwana. Indonesia juga punya patung Buddha tidur yang tersebar di 3 kota!

Patung Buddha tidur di Maha Vihara Mojopahit, Mojokerto
Patung Buddha tidur di Maha Vihara Mojopahit, Mojokerto (Fajar/ dTraveler)


Saat melihat patung Buddha tidur, apa yang ada di benak Anda? Banyak traveler berkata, Buddha sedang berada di alam tidur yang damai. Memang benar, patung Buddha dalam posisi tidur menggambarkan Buddha telah mencapai tingkatan tertinggi yakni nirwana. Hal itu juga terlihat dari posisi tangan kanan Buddha yang menopang kepalanya.

Inilah 3 patung Buddha tidur yang ada di Indonesia. Ukurannya yang besar menjadi daya tarik para wisatawan. Dihimpun detikTravel, Rabu (19/9/2012), berikut 3 lokasinya:


1. Pagoda Avalokitesvara Buddhagaya Watugong, Semarang

Pagoda Avalokitesvara Buddhagaya Watugong punya satu patung Buddha tidur yang berlokasi di bagian kanan pagoda. Kalau biasanya patung Buddha seluruhnya berwarna emas, patung di pagoda ini berwarna cokelat di bagian pakaiannya. Sementara tubuhnya, tetap dicat warna emas.


Pagoda Avalokitesvara Buddhagaya Watugong, Semarang
Buddha tidur di Pagoda Avalokitesvara Buddhagaya Watugong, Semarang
(tjerita-silat.blogspot.com)

Pagoda yang berlokasi di Jl Perintis Kemerdekaan ini selalu ramai saat Waisak. Tak hanya dari Semarang, umat Buddha dari berbagai kota di Jawa Tengah pun memenuhi bagian luar dan dalam pagoda. Patung Buddha tidur pun disakralkan oleh mereka.


2. Maha Vihara Mojopahit, Mojokerto

Siapa sangka Indonesia punya salah satu patung Buddha tidur terbesar di Asia? Ya, patung ini berada di Maha Vihara Majapahit, Kota Mojokerto, Jawa Timur. Patung ini adalah yang terbesar ketiga setelah Thailand dan nepal. Panjangnya 22 meter, lebar 6 meter, dan tingginya 4,5 meter!

Patung Buddha tidur di Mojokerto
Patung Buddha tidur di Mojokerto
(sumber: remajatour.wordpress.com)
 
Patung yang dibuat pada 2001 ini dicat emas dan menghadap ke selatan, kiblatnya umat Buddha. Patung ini bukanlah satu-satunya daya tarik wisatawan di Maha Vihara Mojopahit. Para traveler juga bisa melihat miniatur Candi Borobudur di area vihara ini.

Selain itu, di dinding belakang bangunan utama terdapat relief yang menceritakan Buddha tengah mengamalkan ajarannya. Anda juga bisa menemukan patung tokoh-tokoh dalam cerita Buddha, salah satunya Kera Sakti.

3. Vihara Dhammadipa Arama, Malang

Satu lagi patung Buddha tidur di Jawa Timur. Adanya di Vihara Dhamadipa Arama, atau biasa disebut Padepokan Dhammadipa Arama. Vihara di Kota Malang ini punya patung Buddha tidur yang tak kalah megahnya dengan yang ada di Mojokerto.

Vihara Dhammadipa Arama, Malang
Patung Buddha tidur di Vihara Dhammadipa Arama, Malang
(imehupie.wordpress.com)

Patung Buddha itu berada di bagian depan padepokan, berwarna emas dan tampak istimewa. Selain patung Buddha yang jadi "incaran" wisatawan, padepokan ini juga punya replika Shwedagon Pagoda yang ada di Myanmar. Shwedagon Pagoda tesohor karena seluruh bangunannya terbuat dari emas, sehingga tampak bersinar di tengah-tengah Kota Yangon!



Sumber : Detik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar