Rabu, 10 April 2013

Kejuaraan Surfing Asia Digelar di Mentawai

Kejuaraan Selancar Asia atau Asian Surfing Champion [ASC] akan digelar di Pulau Sipora, Mentawai, Sumatera Barat pada 21 hingga 29 April mendatang. Kejuaraan dengan nama "Pro Mentawai 2013" ini akan diikuti peselancar profesional dari berbagai negara.

Kejuaraan Surfing Asia Digelar di Mentawai

Wakil Bupati Mentawai Rijel Samaloisa mengatakan kejuaraan selancar "Pro Mentawai 2013" diadakan oleh Pemerintah Kabupaten Kepulauan Mentawai yang bekerja sama dengan Rip Curl, yang akan menjadi pengelola sekaligus sponsor kejuaraan ini.

"Ini kejuaraan premium, dengan peserta sangat terbatas dari peselancar profesional tingkat dunia, juga dari lokal. Kami akan mengupayakan kejuaraan ini masuk dalam agenda wisata nasional, karena surfing ini salah satu andalan wisata di Mentawai," kata Rijel Samaloisa.


Kejuaraan selancar dengan hadiah uang US$ 8.000 dan US$ 2.500 ini akan berlangsung di Kattiet, di bagian selatan Pulau Sipora, salah satu tempat yang memiliki beberapa spot ombak terbaik di dunia.

Kejuaraan ini akan mempertontonkan 16 peringkat teratas peselancar Asian Surfing Champion yang bersaing dengan tujuh pemenang wildcard internasional dan satu peselancar lokal pemenang uji coba di Lance`s Right, nama salah satu spot ombak terbaik dunia khusus untuk peselancar yang sudah berpengalaman.

Ombak di pantai Katiet selama ini terkenal dengan julukan Surgery Table atau meja operasi karena sangat menantang dan berbahaya dan hanya untuk peselancar yang pengalaman. Karena di balik ombak yang sempurna di dasarnya yang dangkal terdapat karang-karang yang tajam yang bisa melukai peselancar, bahkan menyebabkan bagian tubuh bisa diamputasi. 


SUmber : Tempo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar