Rabu, 10 April 2013

Pantai Depok Jadi Kawasan Wisata Dirgantara

Pemerintah DI Yogyakarta mempersiapkan kawasan pesisir Pantai Depok Kabupaten Bantul untuk menjadi kawasan wisata dirgantara. Kepala Dinas Pariwisata DIY M. Tazbir menuturkan rencana ini dilakukan dengan terus meningkatnya animo masyarakat melalui even Jogja Air Show yang sudah digelar lima kali di kawasan itu.

Pantai Depok Jadi Kawasan Wisata Dirgantara

Acara tahunan yang sedianya menjadi stimulus untuk mengenalkan kawasan itu ternyata mendapat banyak respon sehingga kawasan itu pun mulai disiapkan agar dapat menggelar acara serupa lebih cepat. "Kami ingin wisatawan tidak perlu menunggu terlalu lama untuk menyaksikan dan menikmati wisata kedirgantaraan, sebisa mungkin lebih rutin seperti sepekan sekali," kata Tazbir, Jumat 5 April 2013.


Pemerintah pun kini mulai mempersiapkan berbagai fasilitas pendukung. Khususnya seperti landasan pacu, hanggar dan sebagainya yang mendukung kegiatan kedirgantaraan. Tak hanya itu, titik start seperti untuk olahraga gantole yang berada di atas bukit pun akan diperbaiki.
"Nanti akan ada jenis olahraga lengkap. Mulai gantole, paralayang, paramotor, parasailing. Ketika wisatan datang akhir pekan dapat langsung menuju pantai Depok untuk menikmati keindahan sambil melakukan kegiatan olahraga kedirgantaraan," katanya.

Dinas Pariwisata pun saat ini telah merumuskan sejumlah konsep pembangunan infrastruktur dan penataan lokasi wisata itu dengan Dinas Pekerjaan Umum dan Energi Sumberdaya Mineral.
Kepala Dinas PU dan ESDM DIY Rani Sjamsinarsi menuturkan saat ini untuk pengembangan wisata dirgantara itu masuk tahap pembahasan master plan. "Kami masih matangkan masterplan karena sarana prasarana pendukung harus memadai agar area ini dapat mengakomodasi even berskala nasional. Baik landasan pacu maupun fasilitasnya," katanya. 



Sumber : Tempo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar