Jumat, 12 April 2013

Transportasi yang dapat digunakan Untuk Menikmati Keidahan Kota Yogyakarta

Kota Yogyakarta selalu menjadi daya tarik sendiri untuk didatangi. Bisa dibilang apapun tersedia di Yogyakarta. Bahkan jika Anda pelancong yang tidak membawa kendaraan pribadi, jangan khawatir, beragam transportasi tersedia untuk mengantar perjalanan Anda.

becak yogyakarta


Mulai dari transportasi tradisional hingga moderen bisa Anda temukan saat berkunjung ke Yogyakarta. Tergantung selera Anda akan menjajal yang mana. Jika Anda pelesiran sendiri, bisa pilih sewa motor dengan tarif murah.

Pilihan lain adalah transportasi umum seperti naik Trans Yogyakarta. Memang untuk transportasi umum informasi mengenai rute masih minim. Selain itu, beberapa yang wajib Anda coba naiki di Yogyakarta sebagai berikut.


Becak. Datang ke Yogyakarta, kurang lengkap tanpa menjajal becak. Becak sangat mudah ditemukan di setiap sudut-sudut kota. Bahkan, bisa saja becak disewa seharian mengantar Anda berkeliling kota.

Yanto, salah satu tukang becak, mengaku biasa mengantarkan pengunjung berkeliling kota ke tempat-tempat wisata. Ia pun biasanya menawarkan tempat-tempat wisata, seperti Keraton, Taman Sari, pusat oleh-oleh baik makanan dan kerajinan.

Jika Anda berminat tur dengan naik becak, negoisasikan terlebih dahulu tarifnya. Rata-rata tur dengan "numpak" becak di kisaran mulai Rp 20.000, tergantung berapa banyak tempat yang akan Anda kunjungi.

Andong. Transportasi yang ditarik oleh kuda ini pun bisa menjadi alternatif untuk berkeliling Yogyakarta. Tarifnya memang lebih mahal dibanding naik becak. Tetapi, serunya naik andong tentu saja tak sendirian. Anda bisa naik beramai-ramai.

Suara langkah kaki kuda yang pasti seperti detak jantung, begitu membuai. Apalagi saat melaju di jalanan bersanding dengan mobil-mobil yang lalu lalang. Seperti sebuah sensasi terperangkap di masa lalu di tengah dunia modern.

Sayangnya, andong hanya ada di beberapa tempat di Yogyakarta. Biasanya andong bisa ditemukan di beberapa tempat keramaian seperti di Jalan Malioboro, di sekitar Keraton, dan Alun-alun. Cobalan naik andong dari kawasan ini menuju hotel Anda.

Taksi. Jika tak ingin berpanas-panasan dengan becak atau andong, pilihan transportasi lain untuk berwisata adalah taksi. Ada taksi yang tak biasa, yaitu Taksi Jas.

Taksi Jas berbeda karena mobil yang digunakan bukan berjenis sedan seperti kebanyakan taksi, melainkan berjenis mobil MPV (multi purpose vehicle). Namun di bagian belakang taksi dibuat kosong, yang berfungsi sebagai bagasi untuk menampung barang bawaan penumpang.

Taksi Jas pun tak hanya bisa dipesan berkeliling kota Yogyakarta, melainkan bisa keluar kota hingga Magelang bahkan Semarang. Pemesanan taksi bisa melalui telepon (0274) 373737.



Sumber : Kompas

1 komentar:

  1. Makasih udah share sob, blog yang bermanfaat ........................


    bisnistiket.co.id

    BalasHapus